Minggu, 13 Januari 2008

Hanya Otak dan Pencernaan Soeharto yang Masih Berfungsi

 
JAKARTA, KCM - Fungsi ginjal, jantung dan paru-paru Soeharto dinyatakan masih belum membaik, sehingga fungsi keseluruh organ itu masih dilakukan oleh alat bantu yang dipasang oleh dokter. Salah seorang Anggota Tim Dokter Kepresidenan, dr. Christian Johanes mengatakan, hanya otak dan pencernaan Soeharto saja yang masih dapat bekerja sendiri

"Hanya otak dan pencernaannya yang masih baik. Untuk pernafasan, karena tubuhnya belum kuat untuk mendapatkan oksigen, maka seluruhnya masih diambil alih oleh ventilator," kata Christian, Minggu (13/1) usai memberikan keterangan dalam Konferensi Pers.

Respon tubuh Soeharto terhadap obat-obatan yang diberikan dokter ada yang meresponnya dengan baik, ada yang meresponnya kurang baik. Namun, tidak dijelaskan lebih jauh respon seperti apa yang dimaksud.

Sementara itu, Ketua Tim Dokter Kepresidenan, dr. Mardjo Soebiandono menegaskan pihaknya tidak akan mencabut sama sekali alat-alat yang terpasang di tubuh Soeharto. "Alat-alat itu tidak akan kami cabut sama sekali, sampai organ-organnya benar-benar tidak berfungsi, atau sampai alat-alat itu tidak diperlukan lagi," pungkas Mardjo.

Wartawan: ING

Tidak ada komentar: